10jt/hari mau?

Sunday, August 15, 2010

Fokus dan Teori 80/20!

Sudah lama sebenarnya saya mendengar teori 80/20, akan tetapi saya tidak begitu tertarik dengan theory itu, karena belum mengetahui lebih jelas mengenai theory tersebut, sampai saya menemukan tulisan yaro starak tentang theory ini, baru saya menyadari kebenaran theory ini.
Theory ini sebenarnya sederhana, dalam wikipedia dijelaskan bahwa Kebanyakan hasil (80) dalam berbagai situasi ditentukankan oleh sejumlah kecil (20) penyebab.
Inti dari theory ini adalah fokus, jika kita fokus pada suatu hal (20), maka kita akan mendapatkan hasil lebih besar (80) dibanding kita melakukan segala hal (80) yang akan menghasilkan lebih kecil (20).
Masih bingung? tenang, memang teori ini agak sedikit membingungkan, tapi jika anda mengalaminya sendiri, anda akan menyadari arti teori ini. Untuk memperjelas, saya akan jelaskan memulai pengalaman saya tentang teori ini.
Selama ini saya merasakan sendiri saat ingin menekuni bisnis, hampir semua peluang (80%) saya jalani, akhirnya banyak yang terbengkalai dan hanya memberikan sedikit hasil (20%), sedangkan, jika saya melakukan aktivitas yang saya sukai dan saya kuasai (20%), dan fokus pada hal itu, maka hasilnya pun saya rasakan lebih besar (80%).
Setuju atau tidak dengan teori ini, fokus merupakan hal yang penting dalam menjalankan bisnis, agar waktu, tenaga, bahkan dana yang kita miliki tidak terbuang pada hal-hal yang tidak menghasilkan atau produktif.
Jadi saran saya fokus lah pada bidang yang anda jalani sekarang, jangan terlalu bernafsu untuk menguasai semuanya, dan nikmati hasil yang lebih besar.


0 comments:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More